Selamat Datang di blog-nya Wong Nganjuk
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda
Terima kasih atas kunjungannya
Harap tinggalkan komentar anda sebagai input introspeksi blog ini
Terus dukung program "INTERNET SEHAT" Indonesia

Selasa, 16 Februari 2010

Tips cara menghilangkan "WINDOWS NOT GENUINE" notify

Bagi para penguna komputer di Indonesia (dan tentu saja di dunia) yang menggunakan Windows sebagai OS (Operating System) pada komputernya, jika yang digunakan adalah Windows yang asli/genuine maka tidak akan menemui kesulitan apapun. Tetapi jika yang digunakan adalah Windows bajakan atau aspal, asli tapi palsu, pasti akan menemui yang disebut "Windows Not Genuine Notify", sebuah hal yang sebenarnya tidak menyulitkan tetapi cukup mengganggu.
Mengganggu, karena notify/pemberitahuan ini muncul di desktop pojok kanan bawah setiap saat tampilan desktop aktif, yang cukup membuat risih, dan pada saat log-on komputer yang mengakibatkan proses log-on menjadi agak lambat.
Jujur saja, saya adalah termasuk orang yang merasa tergganggu oleh hal tersebut. Setelah beberapa lama bertahan terhadap notify-notify tersebut, akhirnya saya coba mencari artikel-artikel di internet tentang bagaimana cara mengatasinya. Akhirnya beberapa artikel saya temukan yang kesemuanya berbahasa Inggris.
Nah, disini saya ingin berbagi pengalaman yang telah saya uji-coba sendiri dari artikel yang saya temukan, yang telah saya sadur kedalam bahasa Indonesia serta saring beberapa langkah yang kemudian saya temukan tidak perlu untuk dilakukan bagaimana cara menghilangkan notify tersebut.
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
• Langkah 1
- Masuki Windows dengan menggunakan “Safe Mode”, caranya tekan secara konstan F8 atau F9 hingga muncul beberapa pilihan, diantaranya adalah “Boot in safe mode”, pilih. Pada mode ini memungkinkan memodifikasi file-file utama windows secara aman. Kemudian masuk ke urutan sebagai berikut: My Computer → Drive C: → Windows → System32, kemudian carilah sebuah ikon berbentuk bintang dengan garis patah-patah berwarna hitam/warna yang disebut WGA Tray, hapus ikon itu. Lalu keluarlah ke tampilan desktop.

• Langkah 2
- Dari tampilan desktop kita masuk ke start menu, klik pada “Run” ketikkan “regedit” lalu enter. Perintah ini akan membawa kita pada editor registry. Kemudian lakukan urutan langkah sebagai berikut: H_KEY_LOCAL_MACHINE → SOFTWARE → Microsoft → Windows NT → CurrentVersion → Winlogon → Notify, di dalam folder Notify ada sebuah folder dengan nama “wgalogon”, hapus file tersebut. Lalu tutup semua jendela kemudian restart computer, dan lihat hasilnya…..SELESAI

• Fresh Install
Apabila Langkah 1 diterapkan saat computer baru saja selesai diinstall / dalam keadaan fresh dan belum dikoneksikan internet sama sekali, langkah 2 tidak perlu digunakan sepanjang notify tidak muncul.

Catatan :
1. Cara-cara tersebut tidak menjadikan Windows bajakan menjadi asli (genuine) tetapi hanya untuk menghilangkan notifikasi windows saja !!!
2. Agar selalu diperhatikan untuk menerapkan langkah-langkah tersebut diatas dengan menggunakan “Safe Mode”!!!
3. Matikan fitur Automatic Updates dengan cara masuk pada Control Panel → Security Center → scroll kebawah, Automatic Updates → Turn Off Automatic Updates untuk mencegah blokir dari Microsoft karena windows tidak asli (sebaiknya dilakukan pada kondisi Fresh Install)

1 komentar:

dailyintan mengatakan...

wah..makasih pak tipsnya...sgt bermanfaat