Selamat Datang di blog-nya Wong Nganjuk
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda
Terima kasih atas kunjungannya
Harap tinggalkan komentar anda sebagai input introspeksi blog ini
Terus dukung program "INTERNET SEHAT" Indonesia

Senin, 01 Maret 2010

Cara masukkan Google Translate dan Shoutbox ke dalam blog


Selama dalam pembuatan blog ini, saya banyak menemukan tips bagaimana membuat suatu blog menjadi menarik untuk dikunjungi. Dikatakan menarik bukan hanya karena materi content-nya bagus tetapi juga penampilan keseluruhan dari blog tersebut yang ditunjang dengan penambahan beberapa gadget yang efektif, informatif serta fungsional yang dapat digunakan bagi para pengunjung.
Disini akan saya uraikan cara untuk menambahkan 2 dari beberapa gadget yang selalu disarankan dalam tips-tips pembuatan/modifikasi blog dan saat ini memang sudah banyak digunakan oleh website dan blog (termasuk punya saya ini) yaitu fasilitas Google Translate dan Shoutbox.
Caranya sangat mudah dimana keduanya memiliki prosedur yang sama dalam cara pengaplikasiannya, kecuali bahwa untuk Shoutbox anda perlu membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan e-mail dan password untuk login sedangkan Google Translate tidak.
- Langkah pertama, masuki lebih dulu web Google Translate, bisa klik disini dan untuk Shoutbox bisa klik disini
- Langkah kedua, untuk Shoutbox klik “Create”, kemudian isi form seperti e-mail, password, dsb lalu klik ”Continue”, kemudian akan masuk pada halaman setting. Lihat pada tabel kiri atas yaitu "Quick Start" dan klik pada tab "Get Codes". Pada halaman selanjutnya akan ada kotak "Generated Codes" berisikan kode HTML yang harus anda copy untuk memasukkan Shoutbox kedalam blog anda.
- Sampai pada langkah di atas, bukalah blog anda untuk edit tata letak gadget, kemudian klik "Tambah Gadget" pada bagian tengah atau sidebar atau dimanapun anda akan letakkan Shoutbox, kemudian pilih gadget "HTML/JavaScript". Setelah muncul kotak konfigurasi HTML/JavaScript, lalu paste kode HTML dari shoutbox yang telah anda copy tadi, beri judul sesuai keinginan anda dan simpan. SELESAI untuk Shoutbox.
Sedangkan untuk  Google Translate lebih mudah, setelah masuk pada halaman depan lihat pada sidebar kiri dan klik tab paling bawah yaitu "Tools and Resources". Pada halaman selanjutnya akan terdapat pilihan bahasa yang anda gunakan pada blog; pilihan ke dalam bahasa apa saja untuk menerjemahkan (pilih saja ALL); dan kotak berisi kode HTML seperti yang terdapat pada Shoutbox. Langkah selanjutnya tinggal mengulangi seperti anda memasukkan Shoutbox tadi. 
SELESAI.

Tidak ada komentar: