Selamat Datang di blog-nya Wong Nganjuk
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda
Terima kasih atas kunjungannya
Harap tinggalkan komentar anda sebagai input introspeksi blog ini
Terus dukung program "INTERNET SEHAT" Indonesia

Rabu, 26 Mei 2010

Sharing : Mulutmu Harimaumu...!!

Hm... mungkin inilah ungkapan yang paling tepat bagi blog tetangga yang barusan saya kunjungi. Tulisan yang dimuatnya sukses menuai banyak kecaman, cacian, makian, sumpah serapah, dikatai norak, bego, goblok, sirik, juga sampai ancaman proses hukum hehehe... Lho kenapa bisa begitu?!
Begini ceritanya...
Jadi si pemilik blog ini memposting tulisan lengkap dengan gambar yang isinya mengupas tentang motor milik seorang biker (bahasa keren dari pengendara motor) yang kebetulan tertangkap oleh kamera di jalanan, yang menurutnya lebay atau berlebihan dalam tampilannya. Kebetulan motor bersama pengendaranya tersebut adalah anggota salah satu klub motor atau komunitas motor produksi Jepang yang cukup besar di Indonesia ini. Parahnya, dalam gambar yang dilampirkannya itu terpampang jelas tanpa tedeng aling-aling atau sensor terhadap nama klubnya. Entah si pemilik blog ini tidak sadar atau tidak sengaja, memang sengaja, lupa, khilaf atau memang mau cari penyakit waktu menerbitkan tulisannya hahahahaha.... Yang jelas tulisan tersebut ditemukan oleh seorang anggota forum maya dari klub yang bersangkutan dan kemudian diupload. Kontan saja langsung menjadi perbincangan heboh dalam forum dimana saya juga termasuk aktif didalamnya. Mereka merasa sangat tersinggung atas isi artikel tersebut. Dan dari sekian banyak komentar yang saya baca, tidak hanya dari klub itu saja tapi juga para biker lainnya. Namun dibalik keberaniannya (atau lebih tepatnya nekat) tampaknya si penulis tidak cukup menguasai perihal apa yang ingin dikritiknya. Misalnya ketika ingin menyebutkan bullbar atau engine guard (yaitu pipa silinder yang dibentuk sedemikian rupa dan dipasang di depan mesin sebelah bawah sehingga posisinya didepan kaki pengendara yang fungsinya melindungi benturan pada mesin dan kaki jika terjadi kecelakaan) sebagai "Pipa kaki tidak jelas". Memang sebenarnya tidak semua tulisannya salah, bahkan ada beberapa hal yang sebenarnya baik untuk introspeksi bagi para biker yang tampilan tunggangannya mirip dengan yang di dalam gambar dalam kaitannya dengan estetika dan etika terhadap sesama pengguna jalan raya. Tapi ya itulah yang saya maksud dengan judul tulisan ini, gaya bahasanya itu lho, bernada sangat sinis. Tidak enak dibaca, memojokkan serta egois.
Yah memang kebebasan berekspresi dan mengungkapkan pendapat itu adalah hak asasi manusia dan semua warga negara tapi seharusnya juga  diiringi dengan tanggung jawab moral terhadap lingkungan disekitarnya terlebih kepada yang disorot. Tapi si pemilik blog ini terkesan misterius dan tidak bertanggung jawab, buktinya tak ada sedikitpun identitas terpampang. Yang ada malah orang-orang jadi semakin emosi. 
Eh kembali kepada judul diatas, menurut anda apakah sudah pas atau belum? Itu kan kalau disampaikan secara verbal atau langsung dari mulut yang bersangkutan... lha kalau tulisan di blog jadi apa namanya? Apa jadi "Keyboardmu Pedangmu" begitu?? Atau mungkin yang lebih sip "Postingmu Harimaumu?? hahahaha.... ada-ada saja... Semoga kejadian tersebut membawa hikmah bagi saya dan anda yang membaca tulisan ini, dan saya do'akan semoga si pemilik blog sadar dan dengan sikap gentleman mengakui kesalahan serta yang merasa tersinggung juga berbesar hati untuk memaafkannya... AMIN... ^_^




Ini dia si biang keroknya
Melanggar...
Update Tgl.27 Mei 2010 : Nampaknya blog yang bermasalah tersebut sudah ditutup, karena beberapa kali saya coba membukanya jawabannya "Blog tidak ditemukan...". Terima kasih. ~Rahardjo Widiarto~

Tidak ada komentar: