Selamat Datang di blog-nya Wong Nganjuk
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda
Terima kasih atas kunjungannya
Harap tinggalkan komentar anda sebagai input introspeksi blog ini
Terus dukung program "INTERNET SEHAT" Indonesia

Jumat, 25 Februari 2011

Cara mematikan autoplay pada windows XP, Vista dan Se7en

Pada kondisi default/normal, komputer kita akan secara otomatis merespon setiap ada Flashdisk atau CD yang dimasukkan. Biasanya akan muncul sebuah pop-up window kecil berisi beberapa opsi yang ditawarkan sebagai langkah tindak lanjut, atau jika itu adalah bootable CD atau Flashdisk maka akan secara otomatis load. Fitur ini lazim disebut Auto play atau auto run, yang sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah user windows.
Tetapi sayangnya, melalui fitur ini virus menggunakannya sebagai jalan masuk, komputer kita pun menjadi rawan kebobolan dan terinfeksi virus.
Untuk mencegah serta meminimalisir kemungkinan virus menyusup masuk dengan memanfaatkan celah ini, ada baiknya jika kita matikan saja fitur auto play tersebut. Berikut ini langkah-langkah mematikan fitur auto play pada windows XP, Vista dan Se7en.
# Windows XP
Klik tombol Start, klik Run kemudian ketikkan gpedit.msc dan akan terbuka jendela Group Policy editor. Tampilannya terdiri dari 2 kolom kiri dan kanan, lihat kolom kiri berisi 2 folder utama yaitu Computer Configuration dan User Cofiguration yang masing-masing mempunyai beberapa sub-folder yang sama (langkah-langkah berikutnya dapat diterapkan pada kedua folder tersebut). Carilah folder Administrative Templates, dobel klik folder tersebut dan akan muncul beberapa sub-folder lagi diantaranya yaitu folder System, dobel klik folder itu kemudian lihat kolom disebelah kanan carilah Turn Off Autoplay. Selanjutnya akan terbuka jendela properties, pada kondisi default settingnya adalah "not configured", ubahlah pada posisi enabled dan pada drop don list pilihlah All Drives
Klik OK dan selesai sudah.
# Windows Vista & Windows Se7en
Sedangkan pada Windows Vista dan Se7en, caranya lebih mudah lagi karena tidak perlu menjalankan run dan sebagainya. Cukup buka Control Panel kemudian perhatikan pada bagian pengaturan Hardware and Sound, persis dibawahnya ada tulisan Play CDs or other media automatically, kliklah maka akan segera terbuka jendela Autoplay.
Lihat pada bagian paling atas, pada kondisi default ada tanda centang pada tulisan Use Autoplay for all media and devices, hilangkan tanda centangnya kemudian jangan lupa klik Save pada bagian paling bawah. Selesai.
Langkah mematikan autoplay ini bisa dianggap merupakan tindakan preventif tambahan, karena yang lebih utama adalah anda tetap meng-install antivirus sekaligus update-nya sebagai bagian penting dari sistem pertahanan komputer. Demikian sedikit sharing dari pengalaman saya, semoga dapat memberi manfaat dan terima kasih.

Tidak ada komentar: